• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Macam-macam Jiwa dalam Al-Quran

 


Obat hati
Macam-macam Jiwa dalam Al-Quran

Imam Ibnul Qayyim mengatakan bahwa jiwa adalah satu bila dilihat dari sudut dzatnya, dan tiga bila dilihat dari sudut sifatnya. Di dalam Al-Qu’an yang mulia itu telah menjelaskan tentang jiwa dengan tiga sifat: yaitu muthma’innah, ammarah bis su’ dan lawwamah (yang suka mencela).
Macam-macam jiwa dalam Al Qur'an

Imam Ibnul Qayyim berkata, “Jiwa bila tenang karena Allah Subhaanahu wata’ala, tenteram karena berdzikir kepada-Nya, tunduk kepada-Nya, rindu kepada perjumpaan dengan-Nya, akrab dengan kedekatan-Nya, maka ia adalah jiwa yang muthma’innah. Ialah jiwa yang disebutkan Allah Subhaanahu wata’ala ketika seseorang wafat, sebagaimana dalam firman-Nya,

(يَـٰٓأَيَّتُہَا ٱلنَّفۡسُ ٱلۡمُطۡمَٮِٕنَّةُ (٢٧) ٱرۡجِعِىٓ إِلَىٰ رَبِّكِ رَاضِيَةً۬ مَّرۡضِيَّةً۬ (٢٨
“Hai jiwa yang tenang. Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya.” (Al-Fajr: 27-28)

Muthma’innah

Menurut Imam Ibnul Qayyim hakikat muthma’innah adalah ketenangan dan kestabilan, yaitu jiwa yang merasa tenang kepada Tuhannya, taat kepada-Nya dan perintah-Nya, serta dzikir kepada-Nya dan tidak meras tenang kepada yang lain-Nya. Dengan demikian jiwa itu telah mencapai ketenangan dengan cinta-Nya, penghambaan dan berdzikir kepada-Nya. Ia juga tenteram dengan perintah-Nya, larangan-Nya dan janji-Nya.

Ia juga tenteram dengan pembenaran terhadap hakikat Asma’-asma’ dan sifat-sifat Allah Subhaanahu wata’ala. Ia juga tenteram dengan keridhaannya mengakui Allah Subhaanahu wata’ala sebagai Rabbnya, Islam sebagai agamanya, Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam sebagai Rasulullah.
Ia juga tenteram dengan Qadha’ dan Qadar-Nya. Ia juga tenteram dengan kecukupan, kelayakan, dan jaminan hidup dari-Nya. Ia juga tenteram dengan keyakinan bahwa Allah Subhaanahu wata’ala satu-satunya Rabbnya, Sesembahannya, Rajanya dan Pemilik segala urusan, dan tempat kembalinya. Dan bahwasanya tidak ada rasa “tidak butuh” kepada-Nya walaupun sekejap mata.”

Amarah Bis su’

Imam Ibnul Qayyim menjelaskan tentang jiwa amarah bis su’ , jiwa ini bertentangan dengan jiwa muthma’innah. Jiwa amarah bis su’ yang memerintahkan pemiliknya kepada hawa nafsu berupa syahwat kesesatan dan mengikuti yang batil, jiwa seperti ini merupakan sumber kejelekan. Jika dituruti, maka jiwa ini akan menyeret seseorang pada perbuatan jelek dan segala perkara dibenci.

Imam Ibnul Qayyim berkata, “Nafsu ammarah bis su’ dikatakan ‘ammarah’ dan bukan ‘amirah’ karena banyaknya perintah dari nafsu tersebut, dan bahwa nafsu yang demikian telah menjadi adat dan ciri khasnya, kecuali apabila Allah Subhaanahu wata’ala merahmatinya dan membuatnya menjadi suci yang menyuruh pemiliknya untuk berbuat baik, dan hal tersebut termasuk rahmat Allah bukan dari rahmat nafsu, karena ia sendiri pada hakikatnya menyuruh kepada keburukan. Karena nafsu pada asalnya diciptakan dalam keadaan bodoh dan sesat, kecuali yang mendapat rahmat Allah.

Lawwamah

Imam Ibnul Qayyim berkata, “Kata lawwamah ini, ulama berbeda pendapat tentang sumber asal kata pokoknya, apakah ia berasal dari kata talawwum (kebimbangan), atau kata laum (tercela). Pernyataan salaf berkisar antara dua makna ini.

Sa’id bin Jubair berkata, ‘Aku bertanya kepada Ibnu Abbas, ‘Apakah nafsu lawwamah itu?’ Ibnu Abas menjawab, ‘Nafsu lawwamah adalah nafsu yang tercela.’
Mujahid berkata, ‘Nafsu lawwamah adalah nafsu yang menyesali segala yang terjadi di masa lalu dan mencela dirinya sendiri.’

Qatadah berkata, ‘Nafsu lawwamah adalah nafsu yang jahat.’
Ikrimah berkata, ‘Nafsu lawwamah adalah nafsu yang mencela atas perbuatan baik dan buruk.’

Atha’ dari Ibnu Abbas dia berkata, ‘Nafsu lawwamah adalah setiap nafsu yang mencela dirinya sendiri pada Hari Kiamat, yang mencela dirinya sendiri atas perbuatan baik karena tidak menambahkannya, dan mencela dirinya atas perbuatan buruk karena tidak kembali insaf dari keburukannya.’

Imam Ibnul Qayyim mengatakan bahwasanya jiwa kadangkala bersifat ammarah, kadangkala bersifat lawwamah, dan kadangkala bersifat muthma’innah. Bahkan dalam satu hari dan satu saat bisa terjadi yang ini dan itu. Dan yang menguasai adalah kondisinya yang paling dominan. Kondisi nafsu yang menjadi muthma’innah adalah merupakan sifat yang terpuji baginya. Dan kondisi nafsu menjadi ammarah bis su’ merupakan sifat yang tercela baginya. Nafsu itu kadangkala bersifat lawwamah yang terbagi menjadi terpuji dan tercela sesuai dengan sesuatu yang dicelanya.

Sumber : OBAT HATI, Antara Terapi Ibnul Qayyim & Ilusi Kaum Sufi, Ibnu Qayyim al-Jauziyah
Gambar: Kompas.com dan google.co.id

Macam-macam Jiwa dalam Al-Quran 4.5 5 The ZHORVANS Imam Ibnul Qayyim berkata, “Jiwa bila tenang karena Allah Subhaanahu wata’ala, tenteram karena berdzikir kepada-Nya, tunduk kepada-Nya, rindu kepada perjumpaan dengan-Nya, akrab dengan kedekatan-Nya, maka ia adalah jiwa yang muthma’innah Macam-macam Jiwa dalam Al-Quran Imam Ibnul Qayyim mengatakan bahwa jiwa adalah satu bila dilihat dari sudut dzatnya, dan tiga bi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar